Komponen Robot Line Follower

assalamualaikum ... Salam Robotika  :) kali ini admin bakalan share sedikit nih tentang apa itu Robot Lne Follower ? mungkin dari sebagian teman-temansudah mengetahui apa itu Robot Line Follower , yaa "Robot Line Follower adalah sebuah Robot cerdas yang dibuat untuk mengikuti Garis yang telah di tentukan" . nahh udah tau kan teman-teman ? .. :)

apa aja sih yang bisa di lakukan oleh robot line follower ? yaa sesuai namanya "Line Follower " ya untuk mengikuti garislah tapi dalam kontes-kontes robot biasanya akan di padukan dengan beberapa komponen tambahan seperti pemadam api . komponen dari robot ini terdiri dari sensor ,sistem minimum , dan aktuator . admin akan jelasin satu-satu dari komponen utama robot Line follower ini 

  • Sensor
sensor itu ibarat mata bagi sebuah Robot cerdas . untuk Robot Line Follower sendiri memiliki sesnsor beupa sensor yang dapat membedakan yang mana garis dan mana bukan garis . kalo admin sih biasanya menggunakan komponen LDR atau PHOTODIODA yang merupakan pendeteksi Cahaya sebagai Sensor Untuk Robot Line Follower .

  • Sistem Minimum
Komponen yang satu ini bisa dikatakan inti dari Robot Line Follower . kenapa tidak , fungsinya aja ibarat Otak yang mengontrol pergerakan Robot . di komponen ini Programmer berperan untuk memasukkan Kecerdasan buatan kedalam robot . Sistem minimum Sendiri ada banyak macam , kalo admin sih biasanya rakit sendiri menggunakan Mikrokontroler Atmega , Lebih gampang dan lebih mudah di maintenance.nahh bagi kalian yang ini membuat sendiri silahkan baca di artikel saya DISINI . tapi kini ada juga sistem minimum yang sudah banyak di gunakan yaitu ARDUINO . Arduino sendiri mengunakan bahasa C untuk memprogramnya .

  • Aktuator 
Aktuator jua bisa dikatakan sebagai Penggerak . utnuk robot Line Follower pada umumnya menggunakan Motor DC sebagai Aktuatornya.

dibawah ini merupakan video Line follower yang sempat admin buat mengunakan sistem minimum ATmega 8535



nah udah tau kan apa itu robot Line Follower ?? mungkin sampai disini dulu penjelasan Admin tentang Apa itu Robot Line Follower ? . bagi kalian yang memiliki pertanyaan silahkan Komen-komen Dibawah 
    sekian dari saya Seorang blogger yang mencoba untuk sukses , Salam Robotika :)

 . 

No comments:

Post a Comment

Iklan

Pages