Apa itu Sensor Ultrasonic ?? Pengertian dan Skematik Rangkaian



            salam robotika :) :) , pada kesempatan kali ini daeng akan menjelaskan tentang mungkin sebagian dari teman-teman sekalian belum tau apa itu  Sensor Ultrasonic ? , sensor apa itu ? ,
Image result for sensor ultrasonik.png


pertama-tama kita ulas dulu apa itu ultrasonic ? . sesuai yang di lansir dilaman
https://id.wikipedia.org/wiki/Ultrasonik  Bahwa  " Ultrasonik adalah suara atau getaran dengan frekuensi yang terlalu tinggi untuk bisa didengar oleh telinga manusia, yaitu kira-kira di atas 20 kiloHertz.Contoh hewan yang dapat mendengar gelombang ultrasonik yaitu lumba-lumba, kelelawar, paus " . jadi udah taukan apa itu ultrasonic ? . 

terus bagaimana cara kerjanya ?😴😴😴

            jadi sensor ultrasonic sendiri biasa disebut dengan sensor jarak . cara kerja Sensor ultrasonic sendiri sebenarnya mirip seperti kelelawar dimana sensor akan melempar sinyal berupa ultrasonic kemudian memantulkan ke benda yang ada di depannya dan menangkap hasil pantulan tersebut kemudian mendeteksi berapa jarak benda yang ada di depan. mungkin seperti itu penjelasan simpelnya . 😊😊 . 

           pada artikel kali ini kita bahas salah satu sensor ultrasonic yang bermerk HC-sr04. untuk sensor ini memiliki 4 buah pin yakni :

1. VCC      --> 5v
2. Trigger  --> PIN
3. Echo     --> PIN
4. GND     --> Ground

untuk skema rangkaiannya sebagai berikut :



       pada skematik diatas menggunakan sensor HC-sr04 dan arduino nano dimana pin Trigger terhubung ke pin D11 dan Pin Echo terhubung dengan Pin D12 pada arduino.

       

No comments:

Post a Comment

Iklan

Pages