Pemula !! Belajar Pemrograman BASCOM AVR Part 1: Susunan Bahasa Pada program Bascom AVR

           Salam Robotika 💪 pada Part 1 ini , kita akan membahas bagaimana sih susunan bahasa yang harus di ikuti saat menulis source program Bascom AVR ? .oke langsung saja 
          Setiap bahasa pemprograman mikrokontroler mempunyai standar penulisan program masing-masing baik itu menggunakan bahasa C, Phyton dll . berhubung kita akan menggunakan bahasa Basic , maka Konstruksi yang harus kita iktu dari  program bahasa Basic Compiler AVR harus mengikuti aturan sebagai berikut:
  $regfile = "m16def"
  '
inisialisasi
  '
deklarasi variabel
    Do
  '
pernyataan-pernyataan    
    Loop
 end

                  Pada baris pertama program yakni Header program harus berisi pengarah Preprosesor dimana pada contoh diatas kita menggunakan $regfile="m16def" sebagai pengarah ke mikrokontroler yang kita gunakan yaitu AtMega 16.
                  pada baris kedua merupakan INISISALISASI , apa itu inisialisasi ? pada bagian inisialisasi ini kita menginisialissikan Port yang kita gunakan pada mikrokontroler misalkan kita gunakan Port.A sebagai pin untuk menyalakan led atau semacamnya.
                  pada baris ketiga yaitu DEKLARASI VARIABEL, pada baris ini kita membuat variabel dari sebuah nilai.
               
                   kemudian ada perintah perulangan DO - LOOP , dalam perulangan berisi pernyataan-pernyataan atau dalam kata lain dalm perintah inilah kita tulis isi dari perintah-perintah program kita.
                        bagaimana ? sudah tau kan susunannya teman-teman ? 😊



👉👉 TUTORIAL PART 2








         


No comments:

Post a Comment

Iklan

Pages