Pemula !! Belajar Pemrograman BASCOM AVR Part 2: Pengara Preprosesor Pada Bascom AVR

                           Salam Robotika 💪 pengarah preprosesor yang dimaksud dalam Bascom AVR adalah menentukan jenis dari prosessor atau mikrokontroler yang digunakan. dimana preprosesor disini mengandung pengaturan-pengaturan dan pendeklarasian register yang menjadikan suatu program dapat diaplikasikan dalam mikrokontroler yang kita gunakan. pengarah preprosesor ini selalu dan harus di tulis pada bagian header atau bagian paling atas program kita . 
                           beberapah contoh pengarah preprosesor dalam Bascom AVR :
•$regfile = "m16def.dat" 
                  merupakan pengarah pengarah preprosesor bahasa BASIC COMPILER AVR yang memerintahkan untuk meyisipkan file lain, dalam hal ini adalah  file m16def.dat yang berisi deklarasi register dari mikrokonroller ATmega 16  . berbeda halnya jika kita menggunakan Atmega 8535 maka penulisannya juga beda . ketika menggunakan ATmega 8535 maka penulisannya menjadi "8535def.dat"            
•$crystal = 12000000  
                  pada perintah ini di khususkan untuk memberikan nilai jenis crystal pada program sesuai dengan crystal yang kita gunakan pada rangkaian sistem minimum kita . sistem minimum disini berarti beberapa komponen elektronika yang telah di hubungkan dengan mikrokontroler yang kita gunakan . salah satu yang kita gunakan yaitu komponen CRYSTAL yang memiliki nilai yang berbeda sesuai kebutuhan mikrokontroler yang kita gunakan. pada contoh ini kita menggunakan Crystal 12000 Mhz.
•$baud = 9600             '
                  perintah $baud dalam program bascom merupakan perintah untuk komunikasi serial . beberapa modul elektronika memerlukan komunikasi serial untuk terhubung dengan mikrokontroler salah satu contoh yaitu modul BLUETOOTH. maka dari itu di perlukan perintah agar mikrokontroler bisa terhubung dengan bluetooth . nilai dari komunikasi serial sendiri berbeda-beda , namun paling umum digunakan yaitu 9600.
•$eeprom                   
                  eeprom ? apa itu ? eeprom meupakan penyimpanan permanen yang dimiliki mikrokontroler. dengan menggunakan fasilitas eeprom pada mikrokontroler, kita tidak perlu kuatir kehilangan nilai yang input diluar source kode. 

bagaimana teman-teman ? udah ngertikan pengarah preprosesor itu seperti apa  ? atau malah tambah  bingung ? hehe 😅 



👈👈 TUTORIAL PART 1
👉👉 TUTORIAL PART 3




No comments:

Post a Comment

Iklan

Pages